Langsung ke konten utama

Mengenal Komputer Lebih Dalam, Apa itu Komputer?


Apa itu komputer?


Komputer adalah alat yang terdiri dari beberapa komponen komputer yang dapat mengolah, menyimpan, membuat dan menghapus data, dan komputer juga dapat memberikan sebuah informasi berupa teks, angka, gambar, dan lain sebagainya. 
Komputer merupakan perangkat elektronik dari beberapa elemen yaitu: software, hardware, dan brainware. Komputer bisa dikatakan sebagai alat atau perangkat yang dapat membantu pekerjaan manusia dan menjadi lebih mudah. Komputer juga memiliki banyak jenisnya dan macamnya seperti :

1. Komputer untuk design grafis
2. Komputer untuk editing video
3. Komputer untuk gaming
4. Komputer akuntansi
5. Komputer server

Sebelum mengenal macam-macam komputer, mari kita kenali komputer generasi ke generasi.

1. Komputer generasi pertama (1946 - 1959)
Komputer generasi pertama dikenal dengan nama “komputer tabung” sebuah komputer yang dibuat pada tahun 1946 menggunakan meia tabung vakum sebagai komponen dasarnya. Komputer jenis ini juga mempunyai ukuran yang sangat besar dan mempunyai berat hingga mencapai 30 ton dan menggunakan 18 ribu tabung vakum yang memiliki ukuran 1800 kaki persegi per tabungnya. 



Komputer jenis ini pertama kali dibuat oleh John Presper Eckert (1919 – 1995) dan John W.Mauchly (1970 – 1980) yang diberi nama ENIAC yang berarti Elektric Numeral Integrator and Computer. Komputer jenis ini menggunakan daya yang sangat besar untuk mengoperasikannya serta menggunakan bahasa mesin yang merupakan bahasa komputer paling dasar. Untuk pembuatan komputer jenis ini sampai menghabiskan biaya hingga 1 juta dollar.

2. Komputer generasi kedua (1959 - 1965)
Komputer generasi kedua ini biasa dikenal dengan “komputer transistor” komputer yang dibuat untuk memaksimalkan kerja dari komputer generasi lama yaitu generasi pertama. Komputer kedua ini menggunakan transistor sebagai komponen utamanya, dimana ukurannya sangat kecil. Komputer generasi kedua ini lebih cepat dan efisien serta dapat memaksimalkan kinerja lebih baik.



Pada komputer generasi kedua ini sudah mengunakan bahasa pemograman yang sudah dapat lebih di mengerti oleh manusia. Contohnya bahasa pemograman Common Business-Oriented Leanguage (COBOL) dan Formula Translator (FOTRAN) serta pada komputer generasi ini juga sudah dapat ditambahkan komponen lainnya seperti : penyimpanan disket, printer, memory, sistem operasi dan lain sebagainya. Dengan berkembangnya komputer generasi ini menjadikan lebih banyak fungsinya dan ukurannya sudah lebih kecil dari komputer generasi pertama.

3. Komputer generasi ketiga (1965 – 1971)
Komputer generasi ketiga ini dikenal dengan jenis komputer IC yang dimana komputer ini dibuat untuk melengkapi kekurangan yang ada pada generasi sebelumnya, komputer generasi ini menggunakan teknologi Integrated Circuit (IC).



IC ini dibuat oleh Jack Kilby yang dimana dia membuat penelitian tentang IC dan membuatnya dari kumpulan beberapa transistor, resistor, dan kapasistor sehingga dalam penggunaan IC ini membuat komputer ini menjadi lebih cepat, hemat energi serta lebih efisien dan adanya peningkatan dalam fungsinya.

4. Komputer generasi keempat (1971 – Sekarang)
Komputer jenis ini dikenal dengan komputer micro processor, komputer jenis ini dibuat untuk melengkapi kekurangan generasi sebelumnya. Pada komputer generasi ini menggunakan chip sebagai komponen generasi sebelumnya. Pada komputer generasi ini menggunakan chip sebagai komponen utamanya, chip ini merupakan gabungan dari kumpulan IC serta komponen elektrik lainnya. 



Pada komputer generasi keempat ini melalui beberapa perkembangan seperti dari penggunaan large scale integration (LSI) yaitu sebuah chip yang terbuat dari pemadatan ribuan IC yang disatukan menjadi sebuah kepingan chip dan perkembangan lainnya yaitu veri large scale integration (Vlsi) yang dimana perkembangan chip sudah dapat menampung hingga ratusan ribu IC dan komponen elektrik lainnya. Perkembangan komputer pada generasi keempat ini sudah dapat menggunakan komponen seperti zaman sekarang yaitu mouse, keyboard, monitor, dan komponen lainnya. Nah pada akhirnya komputer generasi keempat ini berkembang hingga menjadi komputer personal atau dikenal dengan PC dan berkembang lagi menjadi komputer yang dapat dibawa kemana saja yaitu Laptop

5. Komputer generasi kelima (Masa Depan)
Komputer generasi ini atau dikenal sebagai komputer AI (masa depan) yaitu sebuah komputer yang lagi berkembang yang dimana kita menggunakan teknologi AI (artificial intelligence) dan berkembangnya jaringan internet.

Komputer generasi ini terlihat seperti komputer zaman sekarang yang dimana komponennya lebih kecil, efisien, lebih cepat serta fitur-fitu yang lainnya yang sangat bermanfaat. Pada komputer generasi kelima ini lebih focus kearah AI atau kecerdasan buatan yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia yang sulit serta memoptimasi kinerja sebuah komputer. Dan pada komputer generasi ini juga jaringan internet sudah berkembang untuk menjadi lebih cepat dan dapat dijangkau dan bermanfat oleh banyak orang.


Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BERSAMA SAUNG IT

Hi Warga Wargi Indonesia 😁 Selamat Datang di Saung IT bumiayu, untuk teman-teman, sedulur-sedulur, adik-adik dan anak-anak SMK, yang berminat dan pengin upgrade skill kemampuan kalian khususnya dibidang IT, atau yang pengin kerja tapi masih kurang PD nih. Nah, teman-temanku sekalian kalian pas bangett..cuma di Saung IT tempatnya mengupgrade skill dan quality. Saung IT menyediakan paket komplit loh... 😁 List PAKET KURSUS KHUSUS PAKET KHUSUS 1  - Simulasi Jaringan/Packet Tracer - Administrasi Server/Linux Debian - Manajemen Jaringan/RB Mikrotik - Jaringan Wireless indoor/Outdoor PAKET KHUSUS 2 - Design Graphic/Corel, Photoshop PAKET KHUSUS 3 - Editing Video/Adobe Premiere, After Effect PAKET KHUSUS 4 - Aplikasi Perkantoran/Microsoft Office Word, Excel, PowePoint List PAKET KURSUS UMUM PAKET UMUM 1 - Perakitan PC/Hardware - Instalasi PC/Software - Pengkabelan - LAN - Simulasi Jaringan - Jaringan Wireless I

Mengenal John Presper Eckert

John Adam presper Eckert Jr, biasa disebut dan dikenal J. Presper Eckert adalah seorang insinyur dan sekaligus pelopor komputer Amerika. Bersama John Mauchly, ia merancang komputer digital electronik tujuan umum pertama.(ENIAC) Mempresentasikan kursus pertama dalam topik komputasi disebut More School Lectures. John Adam Presper Eckert Jr atau John Presper mendirikan Eckert - Mauchly Computer Corporation. J. Presper Eckert  Co-designer UNIVAC, dan Harold Sweeny dari Biro Sensus AS di konsol UNIVAC, dengan Walter Cronkite (kanan) di CBS TV, selama malam pemilihan Presiden, 1952.